Selasa, 11 April 2023

#TestimoniPersik

Bismillah

Alhamdulillah setelah 3 pekan mengikuti perkuliahan singkat Mindfulness bersama teh Michelle, teh Prita dan Mba Rusna ya g diselenggarakan oleh Ibu Pembaharu dan Institut Ibu Profesional, saya mulai berlatih mengenal diri sendiri.
Kok diri sendiri aja ga kenal, sampai ikut kuliah Persik sih?
Ternyata selama ini saya belum mengenal utuh tentang saya, tentang diriku yang kadang saat emosi negatif melandaku aku tidak bisa mengendalikannya. Ini karena aku belum mengenal diriku, aku membiarkan emosi itu yang mengendalikanku bukan aku yang mengendalikannya.

Pada Persik inilah aku temukan bagaimana perasaanku bekerja selama ini, mengapa dia langsung yang bertindak tanpa aku sadari bukan aku yang mengendalikannya.
Aku belajar menaikkan respon eror yang sering kulakukan saat sedang emosi negatif datang menjadi respon level up dengan mengenali pemicu, keluhan fisik yang kurasakan, dan apa penyebab utama yang menyebabkan respon erorku itu. Aku mulai menulisnya di form kertas HVS untuk memudahkanku melihat apa yang sudah aku lakukan, ini sebagai proses awal dalam mengenal diriku.

Selanjutnya materi kedua aku mengisi form di kertas HVS lagi sebagai upaya reparentingku yang mungkin kurang baik dengan menuliskan kejadian yang ku alami, lalu apa yang ada di lintasan pikiranku saat kejadian itu berlangsung aku tuliskan lintasan pikiran negatif dan positif dan dengan sadar aku mulai berlatih memilih melakukan tindakan sesuai lintasan pikiran positifku.

Dan yang terakhir adalah mengikat dua kejadian di atas dalam sebuah jurnal, menuliskan apa yang ada di benakku lalu memberikan afirmasi positif untuk diriku sebagai upaya self love dalam mengenal diri sendiri, setelah itu aku menuliskan harapan dan do'a sebagai senjataku yang menguatkanku yang memberikan harapan bahwa aku lebih baik dari yang kemarin dan membuatku bersyukur atas segala takdir yang terjadi.

Terima kasih banyak Persik, Ibu Pembaharu dan Institut Ibu Profesional atas kesempatannya saya bisa mengikuti Persik Mindfulness ini.

Jazakunallah Khoiron





Tidak ada komentar:

Posting Komentar